Cari Berita

Breaking News

Sambil Tunjukkan Ijazah dari University of Bradford Inggris, Gibran: Ojo Direkam

INILAMPUNG
Selasa, 21 November 2023

Ijazah Gibran Rakabuming Raka dari University of Bradford Inggris (detik.com)

INILAMPUNG.COM, Solo - Wali Kota Solo yang juga cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka menjawab tudingan ijazah palsu dengan membawa ijazah S1 miliknya dari University of Bradford, Inggris, Senin 20 November 2023.

Gibran tiba di Balai Kota Solo dengan membawa dua map. Map tersebut berwarna hijau dan putih.

Saat ditanya mengenai rencana dirinya menunjukkan ijazah tersebut, Gibran meminta awak media untuk tidak mengambil gambar atau memvideokan dirinya.

"Ini tak bawa ya tapi jangan direkam. Ojo (jangan) direkam, jangan direkam, mesakke wong tuwo wis nyekolahke (kasihan orang tua yang sudah menyekolahkan)," kata Gibran di Balai Kota Solo, Senin (20/11/2023).

Akhirnya, ijazah tersebut ditunjukkan kepada awak media dan diizinkan untuk difoto.

Dalam map berwarna putih, berisi ijazah Gibran dari University of Bradford. Di ijazah itu tertera nama Gibran Rakabuming Raka lulusan Bachelor of Science bidang Marketing.

Sedangkan map yang hijau berisi surat putusan dari Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Ristekdikti, tentang hasil penilaian kesetaraan ijazah lulusan perguruan tinggi luar negeri atas nama Gibran Rakabuming Raka.

Surat tersebut memutuskan bahwa ijazah yang diperoleh dari University of Bradford atas nama Gibran Rakabuming Raka, dan gelar tersebut diberikan oleh University of Bradford.

Gibran mengaku membawa ijazah itu agar isu mengenai ijazah dirinya cepat selesai. Dia juga mempertanyakan kenapa soal ijazah baru dipermasalahkan sekarang, bukan saat mendaftar sebagai cawapres.

"Yo ben (ya biar) cepat selesai, ya ini kan ijazah ini. Kalau palsu seharusnya dipermasalahkan dari awal waktu pendaftaran," ujar putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu.(dbs/inilampung)

LIPSUS