Cari Berita

Breaking News

Dawam Buka Kejuaraan Pencak Silat Bupati Lampung Timur CUP 2023

Jumat, 29 Desember 2023



INILAMPUNG.COM, Lampung Timur – Bupati Lampung Timur M Dawam Rahardjo membuka Kejuaraan Pencak Silat Bupati Lampung Timur CUP 2023.

Kegiatan yang berlangsung di Balai Desa Bumi Jawa, Kecamatan Batanghari Nuban, Jumat (29/12/2023) itu diikuti oleh puluhan perguruan silat di Lampung Timur.

Dengan semangat dan keceriaan saat para pesilat dari berbagai perguruan silat siap menampilkan berbagai keberagaman seni bela diri.

Bupati Dawam, menjelaskan pentingnya kejuaraan ini sebagai sarana untuk menggali dan memperkuat identitas budaya daerah.

"Kejuaraan ini bukan hanya tentang olahraga, tapi juga tentang menjaga dan memperkaya warisan budaya khususnya di Lampung Timur,"

Dawam berharap kegiatan tersebut tidak hanya memunculkan juara, tetapi juga perekat kebersamaan antar sesama perguruan silat. Selain itu sebagai bentuk pewarisan nilai-nilai luhur kepada generasi muda.

"Melalui seni bela diri ini, kita tidak hanya melatih tubuh, tetapi juga membentuk karakter dan semangat kebersamaan yang kokoh. Lampung Timur memiliki potensi besar dalam dunia pencak silat, dan kejuaraan ini menjadi tolak ukur untuk menunjukan prestasi lebih baik lagi," lanjut Dawam.

Bupati Dawam Rahardjo juga mengapresiasi partisipasi semua perguruan silat yang turut serta dalam kejuaraan ini.

"Terima kasih kepada seluruh peserta yang telah menyumbangkan semangat dan dedikasi dalam mengikuti kejuaraan ini. Selamat bertanding, mari bersama-sama menjaga semangat sportivitas, persaudaraan, dan kecintaan terhadap budaya daerah kita," tutupnya

Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Lampung Timur, Mansur Syah, menyampaikan rasa bangga dan apresiasinya terhadap kehadiran peserta.

Mansur Syah juga mengatakan kejuaraan pencak silat di ikuti oleh 260 peserta usia remaja dan pra remaja, dimana peserta merupakan utusan perguruan dan club pencaksilat yang ada di Kabupaten Lampung Timur.

"Kejuaraan ini bukan hanya pertandingan, tetapi juga perayaan warisan budaya kita. Melalui Pencak Silat, kita jalin silaturahmi dan mengenang leluhur serta mewujudkan semangat persatuan," ujar Mansur Syah

Sementara itu, Ketua Umum KONI Lampung Timur, Bambang Hartono, menyoroti arti penting kejuaraan dalam memperkuat persaudaraan. Sebab Perguruan silat adalah wadah untuk membangun karakter dan solidaritas.

"Kejuaraan ini menggambarkan betapa kita bersama-sama merawat dan mengembangkan potensi atletik agar dapat berprestasi pada ajang tingkat Provinsi, Nasional bahkan Internasional serta merawat nilai-nilai luhur budaya bangsa," kata Bambang Hartono.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Harian Koni Lampung Brigjen TNI (Purn) Amalsyah Tarmizi, Forkopimcam dan para ketua perguruan silat Selampung Timur.

Laporan / Editor : Fahri

LIPSUS