Cari Berita

Breaking News

Pesisir Barat Andalkan Bansos dan Kementerian Sosial

INILAMPUNG
Kamis, 21 Desember 2023
Views


INILAMPUNG, Pesisir Barat – Dinas Sosial (Dinsos), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) tahun ini tetap mengandalkan bantuan sosial (Bansos), yang disiapkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos), seperti Bantuan Pangan Non Tuani (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH). 


Kabid Pemberdayaan Sosial Dyka Feriansyah., mendampingi Kadis Sosial Agus Triyadi, mengatakan melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2023 tidak ada anggaran yang disiapkan untuk bantuan sosial.


“Tahun ini tidak ada Bansos  yang kita siapkan melalui APBD, jadi kita tetap memaksimalkan bantuan yang disiapkan pemerintah pusat, mulai dari BPNT hingga PKH yang memang rutin dilaksanakan setiap tahunnya,” kata dia.


Dijelaskannya, Bansos yang disiapkan pemerintah pusat juga, belum bisa dipastikan kapan waktu penyalurannya, apalagi saat ini masih awal tahun dan anggaran yang ada di pusat juga belum siap.


“ Bansos dari pusat itu juga belum direalisasikan pada awal tahun ini, karena kondisi anggaran dari pusat juga belum tersedia, jika sudah siap maka akan langsung kita informasikan ke masyarakat sasaran,” jelasnya.


Menurutnya, selain sejumlah Bansos yang memang sudah dipastikan penyalurannya  pihaknya juga masih menunggu informasi terkait Bansos lainnya yang disiapkan oleh pemerintah pusat seperti bantuan langsung tunai ataupun bantuan sosial tunai. 


“ Selain Bansos PKH dan BPNT, biasanya pemerintah pusat menyiapkan sejumalh jenis Bansos lainnya. Namun, untuk saat ini belum bisa kita pastikan apakah akan tersedia atau tidak,” terangnya.


Lanjutnya, adanya Bansos yang disiapkan pemerintah pusat itu, sebagai salah satu upaya agar masyarakat bisa lebih sejahtera. Apalagi jika Bansos yang diterima keluarga penerima manfaat (KPM) dimanfaatkan untuk keperluan yang positif.


“ Kita harap dengan adanya Bansos dari pemerintah pusat, masyarakat bisa lebih sejahtera, dan bansos yang diterima juga nantinya bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin,” pungkasnya. (Eva)

LIPSUS