Cari Berita

Breaking News

Taman Nasional Way Kambas Kembali Dibuka: Ini Kata Bupati Dawam

Kamis, 21 Desember 2023


INILAMPUNG.COM, Lampung Timur – Setelah beberapa tahun tutup, Taman Nasional Way Kambas ( TNWK ) Kabupaten Lampung Timur resmi dibuka kembali pada tanggal 20 Desember 2023.

Keputusan ini diambil sebagai langkah untuk mendukung pariwisata dan pelestarian lingkungan di wilayah Lampung.

Bupati Lampung Timur, M Dawam Rahardjo mengaku bersyukur karena kementrian lingkungan hidup dan kehutanan menyetujui bahwa membuka kembali Taman Nasional Way Kambas.

"Terima kasih kepada semua pihak, mulai dari Kementerian Lingkungan hidup dan kehutanan, Balai TNWK  dan stakeholder terkait lainnya," ujar Dawam.

Dawam melanjutkan, membuka kembali TNWK merupakan langkah penting untuk menghidupkan kembali kegiatan ekowisata di daerah Lampung Timur.

Dawam berharap bahwa keberadaan taman nasional ini tidak hanya meningkatkan kunjungan wisatawan, tetapi juga menjadi pusat konservasi yang efektif untuk menjaga keanekaragaman hayati.

"Dengan adanya dukungan masyarakat dan pihak terkait, kita bisa bersama-sama melestarikan keindahan alam yang dimiliki oleh Taman Nasional Way Kambas. Semoga pembukaan ini menjadi momentum positif untuk pembangunan berkelanjutan dan pelestarian alam di wilayah Lampung Timur," kata Dawam.

Sebelumnya. Bupati Lampung Timur M Dawam Rahardjo mengirimkan surat kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

Surat bernomor 660/1360/17-SK/2023 dengan perihal Pembukaan Taman Nasional Way Kambas untuk kegiatan wisata alam tersebut tertanggal 31 Juli 2023.

Surat tersebut dikirim sebagai tindak lanjut dari surat Kepala Balai Taman Nasional Way Kambas (TNWK) dengan nomor SE.577/T.11/TU/HMS/04/2023 tentang penutupan sementara objek wisata alam Taman Nasional Way Kambas.

Bupati Lampung Timur M.Dawam Rahardjo juga menyampaikan pembukaan kembali TNWK akan berdampak positif pada peningkatan perekonomian lokal dan mendukung perkembangan UMKM di sekitarnya.

Selain itu Dawam menambahkan, banyaknya permintaan masyarakat lokal maupun luar daerah untuk berkunjung ke objek wisata alam di Taman Nasional Way Kambas.

"Banyak masyarakat lokal atau luar daerah yang ingin berkunjung ke TNWK, Selingga dapat disetujui oleh menteri lingkungan hidup dan kehutanan Republik Indonesia, insyaAllah niat baik akan berdampak baik juga untuk masyarakat Lampung Timur," kata Dawam.


Laporan / Editor : Fahri 

LIPSUS