Cari Berita

Breaking News

Prestasi Luar Biasa: Kinerja Polres Lamtim Meningkat di Tahun 2023

Minggu, 31 Desember 2023

Konfrensi Pers Polres Lampung Timur Akhir Tahun 2023


INILAMPUNG. Lampung Timur - Sepanjang Tahun 2023, kinerja Polres Lampung Timur menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal itu disampaikan Kapolres Lampung Timur, AKBP M Rizal Muchtar, dalam konfrensi pers akhir tahun, di mako Polres setempat, Minggu 31 Desember 2023.

Hadir dalam konfrensi pers, Wakapolres Kompol Sugandhi SN, Kasat Reskrim IPTU Johannes EP Sihombing, Kasi Humas AKP Holili, dan Kabag SDM AKP Heru Prasongko.

Kapolres melanjutkan berbagai indikator keberhasilan kinerja jajaran, seperti peningkatan angka pengungkapan kasus tindak pidana, penurunan kejahatan narkoba, dan berkurangnya kecelakaan lalu lintas, menjadi sorotan utama.

"Jajaran kepolisian berhasil menuntaskan kasus kejahatan konvensional, kejahatan trans nasional termasuk narkoba, dan kejahatan terhadap kekayaan negara," ujarnya.

Kapolres menjelaskan, dalam penanganan kasus narkoba, terjadi penurunan dari 122 laporan polisi pada 2022 menjadi 98 laporan polisi pada 2023.

"Dalam kasus ini 110 tersangka berhasil ditangkap dengan berbagai jenis barang bukti, seperti Sabu-Sabu, Ganja, Tembakau Sintetis, Extasi, dan Psikotropika lainnya," jelas Kapolres.

Sedangkan untuk kasus kriminal pada tahun 2022, dari 951 perkara pidana, terungkap 374 kasus dan sepanjang tahun 2023, terdapat 1.190 perkara, dan 905 kasusnya berhasil diselesaikan.

"Kami akan terus berusaha melakukan penangkapan terhadap pelaku-pelaku yang belum tertangkap, sehingga Lampung Timur semakin Aman," terang AKBP M Rizal Muchtar.

Sedangkan berdasarkan data lalu lintas, juga mencatat penurunan angka kecelakaan lalu lintas dari 184 kasus pada 2022 menjadi 170 kasus pada 2023.

Kesadaran tertib berlalu lintas di tengah masyarakat dianggap sebagai faktor penting dalam mengurangi resiko jatuhnya korban jiwa dan kerugian materil di jalan raya.

"Saat ini, Satuan Lalulintas Polres Lampung Timur harus bekerja lebih optimal untuk meminimalisir angka pelanggaran lalu lintas yang meningkat pada tahun 2023, mencapai 224 kasus dibandingkan dengan 208 kasus pada 2022," tegasnya.

Semoga kedepan Kinerja Polres Lampung Timur semakin meningkat.

Laporan / Editor : Fahri

LIPSUS