Cari Berita

Breaking News

PWM Lampung Gagas Kerjasama dengan PT Mercu Group asal Malaysia

INILAMPUNG
Minggu, 14 Januari 2024

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung Gagas Kerjasama dengan PT Mercu Group asal Malaysia (ist/inilampung)

INILAMPUNG.COM, Bandarlampung - Pimpinan wilayah Muhammadiyah Lampung menerima delegasi bisnis dari Malaysia yakni PT Mercu Group, perusahaan yang bergerak di bidang  perkebunan karet. Pertemuan digelar di Ruang Rektor Universitas Muhammadiyah Lampung, pada Ahad 14 Januari 2024.

Menurut Sekretaris PWM Lampung Ma'ruf Abidin, kehadiran delegasi bisnis dari Malaysia untuk penjajakan kerja sama pengembangan Getah karet. Mulai Pra panen, saat panen sampai Pasca Panen. 

"Jika memungkinkan, Mercu Group akan mendirikan pabrik pengolahan getah sawit di Lampung. Dari hasil pertemuan ini, PWM Lampung akan menggandeng semua Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang ada di Lampung. Bahkan beberapa Majelis dan Lembaga yang terkait, ujar Ma'ruf Abidin," kata Ma'ruf Abidin. 

Secara terpisah, Ihsan dari Kantor sekretariat Presiden mengatakan bahwa  Lampung merupakan Piloting Teknonologi penyadapan getah karet yang pertama. Sedangkan hal itu adalah hasil kerjasama dengan perusahaan Malaysia Mercu Group dan Muhammadiyah Lampung. 

"Lampung dipilih karena setidaknya ada sekitar 135 ribu Ha perkebunan karet yang tersebar di beberapa Kabupaten di Lampung," jelas Ihsan.

Kemudian Dato' Sri Ahmad Sukimi yang merupakan ketua perwakilan dari Malaysia mengapresiasi kesiapan Muhammadiyah Lampung dalam menjalin kerjasama bisnis dengan Mercu group Malaysia. Pihaknya berharap kerjasama ini akan dapat meningkatkan penghasilan petani karet di Indonesia. 

Bagai gayung bersambut, ketua PWM Lampung, Sudarman juga sangat mengapresiasi kehadiran delegasi bisnis dari Malaysia. Ia menuturkan, bahwa Malaysia adalah negara Jiran yang sangat penting dan strategis dalam menjaga kondusifitas di wilayah Asean, baik secara ekonomi, keamanan dan lain lain.

"Bahkan sekitar 4 jutaan warga negara Indonesia mengais rezeki di Malaysia. Jadi sangat pas bila Muhammadiyah melakukan kerjasama dengan perusahaan Malaysia," jelas Sudarman.

Diketahui, hadir pada kesempatan ini Dato' Sri Ahmad Sukimi,  Md Nazli Md Nawi, Dato' Izaham Mohd Kasim, Mezan, Mohd Hazim dan Mohamad Muzaffar dari PT Mercu group Malaysia yang didampingi Ishak dari Kantor sekretariat Presiden. Sedangkan dari PP Muhammadiyah yakni Bambang sutrisno dan Horo Wahyudi dari LP UMKM. 

Dari PWM Lampung hadir Ketua PWM  Sudarman, yang didampingi Sekretaris Ma'ruf Abidin, Jamhari Hadipurwanta, Rohmat Santosa, Ahsanal Huda dan Rektor UM Lampung Mardiana.(adi/inilampung)

LIPSUS