Cari Berita

Breaking News

Semangat Berkompetisi dan Dampak Positif bagi Sesama lewat Kompetisi dan Donor Darah BBU ITB XX

Senin, 29 Januari 2024

Event BBU ITB XX tahun 2024 (its/inilampung)


INILAMPUNG.COM, Bandarlampung - Lomba Cepat Tepat (LCT) MIPA dan Drawing Test kembali melengkapi rangkaian acara BBU ITB tahun ini. LCT MIPA sendiri menjadi rangkaian acara pada BBU ITB XX yang diselenggarakan di SMAK BPK Penabur Bandar Lampung pada Sabtu, 13 Januari 2024. 


LCT MIPA BBU ITB XX merupakan ajang kompetisi dimana peserta dituntut untuk mengerjakan soal secara cepat dan tepat, dengan harapan dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan semangat berkompetisi bagi pelajar SMA di Provinsi Lampung. Kompetisi ini diikuti oleh 21 tim, 1 tim terdiri dari 3 orang. Materi yang diujikan antara lain Kimia, Fisika, Biologi, dan Matematika kelas 10 dan kelas 11. Teknis pelaksanaan LCT dibagi menjadi tiga babak, yaitu babak penyisihan, semifinal, dan final


Pada babak final, tiga tim tersisa berlomba-lomba untuk memperebutkan juara 1, 2, dan 3 melalui soal wajib, rebutan, dan taruhan nilai. Hingga akhirnya diumumkan bahwa SMA Al-Kautsar Tim A meraih juara 1, diikuti dengan SMAN 1 Pringsewu sebagai juara 2, dan SMA Al-Kautsar Tim B sebagai juara 3. Salah seorang peserta, Maharda Syiar Akhlaq dari SMA Alkautsar tim A, mengungkapkan antusiasmenya dalam mengikuti acara LCT MIPA BBU ITB XX. 


"Persiapan untuk LCT BBU ini dari awal posternya keluar pas liburan kemarin. Acaranya cukup fun, disambut baik sama kakak-kakak panitia yang ramah. Semoga BBU ITB semakin improve dan konsisten untuk masa depan," ucap Maharda Syiar Akhlaq.

Rangkaian acara BBU ITB XX selanjutnya adalah Drawing Test yang dilaksanakan di SMAK BPK Penabur Bandar Lampung pada Minggu, 14 Januari 2024. Drawing Test merupakan ajang lomba menggambar bagi pelajar, terutama bagi yang ingin mendaftar di FSRD ITB. 


Peserta akan diberikan waktu untuk menggambar beberapa jenis gambar yang umumnya ada pada portofolio untuk masuk ke FSRD ITB. Tidak hanya lomba menggambar, pada acara ini juga diberikan materi mengenai pembuatan portofolio dan feedback dari hasil karya peserta, serta sesi sharing pengalaman oleh mahasiswa FSRD ITB yang berasal dari Lampung. Perlombaan yang diikuti sebanyak 35 orang ini terdiri dari beberapa sesi, yaitu pengerjaan gambar suasana, pengerjaan gambar perspektif, dan sesi feedback


Setelah melalui proses penilaian, ditentukan bahwa Faiza Afiqah Susilo dari SMA Al Kautsar berhasil meraih juara 1, diikuti dengan Salsabilla Putri Andani dari SMAN 1 Kotaagung yang meraih juara 2, dan Vienna Victoria Luo dari SMA Xaverius yang meraih juara 3, serta Althifa Ceren Lie dari SMA Darma Bangsa yang meraih juara favorit. 

Di hari yang sama, BBU ITB XX juga melaksanakan kegiatan donor darah dengan tajuk “BBU Berdarah”. Pada kegiatan ini, BBU Berdarah hadir sebagai wadah bagi Masyarakat Lampung untuk mendonorkan darahnya. 


Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat dapat saling menunjukan pengabdiannya kepada sesama masyarakat Provinsi Lampung. Kegiatan BBU Berdarah ini diikuti oleh 51 pendonor, dari berbagai kalangan masyarakat, mulai dari siswa, mahasiswa, satpam, hingga driver ojek online.(rls/inilampung)

LIPSUS