Cari Berita

Breaking News

Ketua PWI Lampung: Wartawan Harus Siap Hadapi Tantangan di Era Digital

Senin, 26 Februari 2024

Ketua PWI Lampung, Wirahadikusumah


INILAMPUNG, Lampung Timur – Ketua PWI Lampung, Wirahadikusumah, menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas Wartawan yang di PWI dalam menghadapi tantangan era digital.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 dan merayakan HUT Ke-78 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), di Balai Wartawan, Sekretariat PWI Lampung Timur, Senin 26 Februari 2024.

Ketua PWI Lampung, Wirahadikusumah, menjelaskan PWI sebagai organisasi tertua yang berdiri sejak 9 Februari 1946, dan kini menjelma menjadi salah satu organisasi terbesar di Indonesia, bahkan di Lampung dengan keanggotaan mencapai 1001 wartawan.

Wirahadisumah, melanjutkan dari jumlah 1.001 anggota, terdiri dari 626 anggota biasa, 250 anggota muda, dan 125 calon anggota yang tersebar di seluruh provinsi.

"Kami PWI Lampung akan terus meningkatkan kualitas, terutama di tengah badai distrubsi digital yang menuntut wartawan untuk terus beradaptasi dengan kemajuan zaman," ujar Wira -sapaan akrabnya-

Wira juga menekankan pentingnya wartawan untuk berinovasi dan mengadaptasi teknologi saat ini agar tidak tertinggal.

"Wartawan juga harus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi, karena jika tidak, kita akan ketinggalan. Sebab, PWI adalah salah satu pilar demokrasi yang harus menyampaikan informasi kepada publik," katanya.

Namun, Wira juga menyoroti perbedaan antara informasi yang disampaikan melalui media sosial dengan berita yang dihasilkan oleh jurnalis.

"Banyak masyarakat yang salah memahami bahwa informasi di media sosial adalah berita, padahal itu bukanlah berita. Media sosial bukanlah produk jurnalistik, melainkan hanya menghasilkan informasi. Berbeda dengan jurnalis yang menghasilkan produk berita yang terverifikasi dan berkualitas," tandasnya.

Dengan semangat untuk terus beradaptasi dan meningkatkan kualitas, PWI Lampung siap menghadapi tantangan di era digital demi menjaga integritas dan kepercayaan masyarakat terhadap profesi jurnalistik.

"Semoga kedepan wartawan khususnya yang tergabung di PWI semakin berkembang lebih profesional, maju dan berjaya," harap Wira.

LIPSUS