Cari Berita

Breaking News

Perpustakaan Rutan Sukadana Jadi Tempat Favorit bagi Warga Binaan

Jumat, 02 Februari 2024


INILAMPUNG, Lampung Timur - Perpustakaan Rutan Kelas IIB Sukadana menjadi tempat favorit Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk membaca dan menambah ilmu.

Kepala Rutan Sukadana meninjau langsung serta memastikan berjalan tertib dan kondusif. Jum’at (02/02/2024).

"Keberadaan perpustakan di Rutan Sukadana menjadi fasilitas yang sangat penting dalam mendukung proses pembinaan dan pemenuhan hak bagi Warga Binaan," ujar Karutan Abdul Aziz.

Abdul Aziz menjelaskan saat berada di dalam Rutan, warga binaan memiliki keterbatasan untuk bisa mendapatkan informasi, oleh karena itu keberadaan perpustakaan adalah jawaban atas keterbatasan tersebut.

“Rutan Sukadana memfasilitasi untuk warga binaan tetap bisa mendapatkannya, sekaligus menjadi pengetahuan dan hiburan, dengan membaca buku,”terang Karutan.

Karutan menambahkan, Koleksi buku yang dimiliki perpustakaan Rutan Sukadana cukup beragam dan lengkap. Ketersediaan perpustakaan bagi Warga Binaan tidak lepas dari bantuan langsung Perpustakaan Nasional kepada Rutan Sukadana.

"Setiap harinya Warga Binaan diberikan akses untuk meminjam atau membaca buku yang ada. Tentu ini menjadi aktivitas yang bermanfaat bagi Warga Binaan untuk mengisi waktu luang," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Karutan memastikan pelayanan di Perpustakaan berjalan dengan baik.

“Proses pelayanan di perpustakaan baik bagi warga binaan yang ingin membaca langsung maupun yang ingin meminjam buku, kami pastikan petugas melayani dengan baik. Sehingga ini dapat memberikan rasa nyaman kepada warga binaan,”Jelas Karutan.

Karutan berharap, dengan adanya perpustakaan ini dapat memenuhi haknya untuk mendapatkan informasi serta mendorong warga binaan untuk gemar membaca.

"Kita berharap budaya rajin membaca dapat menular kepada seluruh Warga Binaan. Ilmu yang diperoleh dari rajin membaca buku-buku yang ada tidak akan pernah sia-sia. Sewaktu-waktu pasti akan ada manfaatnya bagi mereka dikemudian hari," Pungkas Karutan.

LIPSUS