Cari Berita

Breaking News

Cek Ombak, Muncul 5 Calon Bupati Mesuji

INILAMPUNG
Rabu, 13 Maret 2024

 

Ilustrasi

INILAMPUNGCOM -- Suhu politik di Kabupaten Mesuji mulai hangat. Angin sepoi-sepoi dikabupaten paling ujung Sumatera itu tiba-tiba memunculkan, setidaknya 5 nama bakal calon Bupati Mesuji. 


Ke 5 tokoh kini digadang-gadang untuk maju sebagai kepala daerah, meneruskan kepemimpinan Pj. Bupati Sulpakar yang hampir habis periodenya.


Siapa mereka, ditulis oleh media RMOLLampung.id, ada nama Syamsudin (Kadis Pendidikan), Elvianah (Ketua DPRD Mesuji), Suprapto (anggota Fraksi PAN DPRD Provinsi Lampung), Haryati Chandra Lela (Mantan Wakil Bupati Mesuji), dan Fuad Amrullah (Ketua DPD Nasdem Mesuji).


RMOLLampung.id, media online yang banyak terfokus pada berita politik lokal tersebut, merekam sejumlah keinginan rakyat di Mesuji. Rakyat di sana, kata laporan berita itu, dengan dalih kepantasan masing-masing -- mengunggulkan 5 nama untuk maju sebagai calon bupati, yang digelar pada akhir tahun ini (sekitar Juni 2024). 


Meskipun, bisik-bisik politik dikelompok lainya -- ada nama lain diluar 5 tokoh dimaksud -- yang punya kekuatan basis jarinngan masa dan finalsial sebanding -- siap bertarung di Pilkada tahun ini. Subut misalnya, Tatak Rianto, tokoh pendidikan Mesuji, yang kini beralih ke dunia usaha.


Tatak Rianto kabarnya sedang melakukan konsolidasi dengan sejumlah tokoh disana.  "Orangnya ngak suka dipublikasi, kecuali sudah sah ditetapkan sebagai calon," kata  Nirwanto, salah satu tim sukses Tata Rianto, yang kini membuka Posko Pemenangan di sekitar Simpang Penawar.


Lima Calon Bupati Mesuji (dok.Net)

Sementara dari kelima nama yang sudah mucul dimedia media lokal,  Elvianah, kini Ketua DPRD Mesuji yang berani terang-terangan maju. Dalam berbagai kesempatan, Elvianah yang merupakan istri bekas Bupati Khamamik, menyampaikan tekatnya meneruskan kerja kerja suami, untuk menjadi bupati Mesuji pada Pilkada serentak tahun 2024.


"Tekatnya sudah bulat mas," kata kerabat dekat Elvianah. 


Bahkan, jika sekalipun Elvianah -- kedepanya tidak didukung partai Nasdem. Maka, Elvianah, akan maju lewat jalur independent.


Kekhawatiran kubu Elviana tak mendapat dukungan Partai Nasdem memang beralasan. Pasalnya, Ketua DPD Nasdem Mesuji Fuad Amrulah juga santer akan digadang-gadang partainya. Fuad Amrullah sudah dua periode menjadi anggota DPRD Mesuji dan satu periodenya sebagai Ketua DPRD cukup beralasan menjadi modal maju sebagai calon bupati Mesuji.


Langkah Zigzag Suprapto

Mantan ketua Persatuan Mahasiswa Mesuji (PMM) Erwin Gumara, mengatakan bahwa, Suprapto yang kini anggota DPRD Provinsi Lampung dipastikan maju Pilkada Mesuji 27 November 2024 menatang. 


Dia (Suprapto) adalah asli putra Way Serdang, Mesuji.  Tahun 2011, saat pertama kali Pilkada langsung, Suprapto sudah pernah maju -- pasangan dengan Daryanto Dahlier (diusung Partai Golkar-PAN). Namun, nasib baik belum berpihak Suprapto - Daryanto. Pilkada dimenangkan pasangan Bupati Khamamik - Ismail Ishak.


Kalah dari Pilkada, Suprapto terus merintis karirnya sebagai anggota DPR Provinsi Lampung. Dua periode Pemilu, 2014-hingga 2019 dia duduk di DPRD, mewakili pemilihan Mesuji, Tulangbawang, dan Tubaba.


Kemungkinan Suprapto maju lagi di Pilkada Mesuji cukup kuat. "Tiap akhir pekan, dia sudah rajin blusukan ke kampung halaman." kata Erwin Gumara, seperti ditulis KoranEditor, Rabu (13/3). 


Diakui Erwin, Suprapto memiliki rekam jejak yang baik sebagai modal menjadi pemimpin. Pernah memimpin perusahaan media cukup besar bernama Radar Lampung (Grup Jawa Post). Beberapa bisnis sampingan, seperti tambang pasir dan perkayuan masih jalan.


"Dia itu pernah Pemimpin Redaksi Radar Lampung. Selama di DPRD Provinsi Lampung juga dikenal sangat aktif, ” kata Erwin seraya menambahkan sejumlah usahanya yang pengelolaanya diserahkan orang juga maju dan berkembang. Melihat fenomena politik Mesuji, tampak publik harus menunggu langkah zigzag Suprapto setelah kini gagal menjadi anggota DPRD di Pemilu 13 Februari 2024 lalu. (dbs/editor/inilampung.com)


LIPSUS