Cari Berita

Breaking News

Innalilahi waina-ilaihirojiun, Sekjen PMII Rafsanjani Meninggal Dunia

INILAMPUNG
Selasa, 12 Maret 2024

 



INILAMPUNGCOM -- Keluarga besar PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) berduka. Salah satu kadernya, Muhammad Rafsanjani --  yang saat ini menjabat Sekjen Pengurus Besar PMII -- meninggal dunia pada Senin (11/3/2024), pukul 11.45.WIB.


Rafsanjani merupakan Sekjen PB PMII yang tergolong muda. Pria yang kerap disapa Rafsan, itu lahir di Garut pada 30 Maret 1992. 


Dia merupakan putra dari pasangan Dr. K.H. Cecep Alba, pimpinan pondok pesantren tertua di Limbangan dan Rd. Mimin Nurganiah Maulani.


Sebelum menjadi Sekjen PB PMII, dia lebih dikenal dengan sebutan Ketum Rafsan.


Pada Konferensi PMII Cabang Ciputat tahun 2015, ia berhasil terpilih menjadi ketua PC PMII Ciputat.Rafsan begitu sapaan karibnya, meninggal usai menjalani perawatan di Rumah Sakit Siloam, Jakarta Selatan. 


Rafsanjani menghembuskan nafas terakhirnya akibat penyakit pneumonia dan serangan virus influenza yang menyerang paru-paru dan jantungnya. Pengumuman ini disampaikan oleh Ketua Kaderisasi Nasional PMII, Fachrurizal, melalui portal NU Online.


Jenazah Rafsanjani disemayamkan di rumah duka di Pasar Rebo, Jakarta Timur, sebelum rencananya akan dibawa ke Garut, Jawa Barat untuk dimakamkan. Dia akan dikebumikan di Pondok Pesantren Pulosari, Garut, Jawa Barat.


Selain aktif di PMII, dia juga merupakan alumnus Ilmu Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta dan telah menyelesaikan studi pascasarjana di bidang politik dan hubungan internasional di Universitas Indonesia.


Rafsanjani juga memiliki rekam jejak yang cukup gemilang di kancah organisasi. Dia aktif sebagai Tim Kaderisasi Nasional PB PMII periode 2017-2020, sebelum kemudian menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PB PMII periode 2021-2024. Sebelumnya, dia juga pernah menjabat sebagai Ketua PC PMII Ciputat pada masa khidmah 2015-2016. (*)


LIPSUS