Cari Berita

Breaking News

Peringati Hari Air Sedunia, BBWS Mesuji Sekampung Gelar Penanaman Pohon di Bendungan Marga Tiga

Selasa, 05 Maret 2024
Views


INILAMPUNG, Lampung Timur – Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia ke-32 tahun 2024, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Mesuji Sekampung menggelar kegiatan penanaman pohon di Bendungan Marga Tiga, Lampung Timur, Selasa (5/3/2024).

Sekretaris Daerah Lampung Timur, Moch. Jusuf mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh BBWS Mesuji Sekampung dalam merayakan Hari Air Sedunia dengan menggelar berbagai kegiatan, termasuk penanaman pohon dan program edukasi tentang pentingnya air untuk perdamaian.

"Momentum Hari Air Sedunia ini menjadi kesempatan bagi kita semua untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya air sebagai sumber kehidupan dan bagaimana kita bisa berkontribusi dalam menjaga kelestariannya," ujar Sekda.

Sekda juga mengatakan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan berbagai pihak terkait dalam menjaga dan mengelola sumber daya air secara berkelanjutan, sesuai dengan tema yang diusung oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Hari Air Sedunia tahun ini, yaitu "Air untuk Perdamaian".

"Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan secara berkelanjutan dan dapat melibatkan lebih banyak pihak, sehingga kita dapat mewujudkan perdamaian melalui pemanfaatan dan pengelolaan air yang bijaksana," katanya.

Kepala BBWS Mesuji Sekampung, Roy Panagom Pardede, menjelaskan bahwa penanaman pohon menjadi salah satu rangkaian acara tahunan dalam memperingati Hari Air Sedunia.

"BBWS Mesuji Sekampung berupaya untuk menyadarkan akan kompleksitas isu air global yang berkaitan erat dengan perdamaian, kesehatan masyarakat, sistem pangan, energi, ekonomi, dan lingkungan," ujar Roy.

Roya melanjutkan, selain penanaman pohon, BBWS Mesuji Sekampung juga menggelar berbagai kegiatan lain seperti "Sumber Daya Air (SDA) Goes to School" di SMPN 11 Bandar Lampung, untuk mendidik generasi muda tentang pentingnya air untuk perdamaian.

Kegiatan lainnya BBWS Mesuji Sekampung juga melaksanakan kegiatan pembuatan 2000 lubang biopori secara bertahap sampai desember 2024 dan donor darah yang direncanakan akan dilaksanakan 8 maret 2024.

"Semoga kegiatan yang dilakukan pada peringatan Hari Air Seduni ke-32 menjadi langkah nyata bagi kami khususnya BBWS Mesuji Sekampung dan berdampak positif bagi masyarakat disekitar bendungan Margatiga," kata Roy. (**)_

LIPSUS