Cari Berita

Breaking News

Ponpes Minhajuth Tullab Lamtim Terbakar, Bupati Turun Kelokasi

Senin, 18 Maret 2024



INILAMPUNG, Lampung Timur - Pondok Pesantren Minhajuth Thullab, Kecamatan Way Jepara terbakar.

Peristiwa tersebut terjadi ketika puluhan santri sedang melaksanakan sholat tarawih di Masjid Baiturrahim yang berjarak sekitar 100 meter dari pondok tersebut. Senin (18/3/2024).

Akibat peristiwa tersebut, api menghabiskan satu ruang asrama santri pria dan sebagian besar pakaian dan peralatan belajar anak anak santri habis terbakar.

Peristiwa terjadi pukul 20.00 dan api berhasil dipadamkan pukul 21.00.

Mendengar adanya kebakaran pondok tersebut salah seorang wali santri bernama Eko panik dan langsung menuju lokasi kebakaran untuk memastikan peristiwa tersebut, Eko mengaku adanya informasi kebakaran dari salah satu media sosial.

"Saya pas di rumah hendak ke masjid tarawih, belum berangkat, melihat kebakaran melalui medsos setelah saya amati ternyata pondok tempat anak saya belajar, saya langsung kelokasi," kata Eko.

Pengasuh pondok pesantren Minhajut Thullab Fahimul Fuad menjelaskan lokasi yang terbakar yakni ruang asrama santri kelas VII, yang posisinya berdekatan dengan Puskesmas Way Jepara.

Fahmi menceritakan saat terjadi kebakaran sejumlah anak pondok sedang sholat tarawih di masjid Baiturrahim yang jaraknyana tidak lebih dari 100 meter. Namun ada tujuh santri yang sengaja berada di pondok karena jadwal piket.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, hanya beberapa pakaian dan peralatan keperluan ngaji yang terbakar. Untuk penyebab Fahim belum bisa menjelaskan"kata dia.

Tidak menutup kemungkinan, lanjut Fahim, jika di pondok tidak ada yang piket dan semua melaksanakan sholat tarawih semua ruangan bisa habis Terbakar dan api bisa menjalar kegedung puskesmas Way Jepara, karena gedung yang terbakar berdekatan dengan Puskesmas tersebut hanya berjarak pagar tembok saja.

"Waktu terjadi kebakaran anak anak pondok yang masih dilokasi berteriak minta tolong dan sejumlah warga berhamburan berusaha memadamkan api secara manual," kata Fahim.


Sementara itu Bupati Lampung Timur, M Dawam Rahardjo, langsung turun ke lokasi kebakaran sebelum api padam. Menurutnya api benar benar padam setelah tiga unit mobil pemadam kebakaran tiba dilokasi.

Berkaca dari peristiwa seringnya terjadi kebakaran di wilayah Kecamatan Way Jepara, Dawam menegaskan akan men ah armada mobil kebakaran dua unit dan di parkiran di wilayah Way Jepara.

"Kedepan akan kami upayakan penambahan mobil kebakaran khususnya di wilayah yang jauh dari Pemda seperti Way Jepara dan sekitarnya. Agar jika terjadi kebakaran segera teratasi," jelas Bupati Dawam didampingi Anggota DPRD Lamtim Imam Zaki Nurhidayat

LIPSUS