Cari Berita

Breaking News

Bulurejo dan Ambarawa Timur Siap Wakili Pringsewu Ikut Lomba Desa Tingkat Provinsi

Kamis, 25 April 2024
Views

Tim penilai lomba Pekon/desa tingkat Kabupaten Pringsewu melakukan penilaian disejumlah pekon yang ditunjuk. Foto. Tyo.

INILAMPUNG, Pringsewu -- Pekon Bulurejo, Kecamatan Gadingrejo dan Pekon Ambarawa Timur, Kecamatan Ambarawa, siap mewakili Kabupaten Pringsewu mengikuti lomba pekon/desa tingkat Provinsi Lampung.


Kepala Pekon Bulurejo, Suherman di sela-sela peninjauan klarifikasi lapangan Tim Lomba Pekon Tingkat Kabupaten Pingsewu yang diinisiasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP) setempat pada Kamis 25 April 2024.


Menurut dia, Pekon Bulurejo siap mengikuti lomba pekon/desa di tingkat Provinsi Lampung. Kesiapan itu didasari oleh kondisi pekon dan sumber daya manusia di Pekon Bulurejo yang sudah terlatih dan mumpuni.


"Jika memang dipercaya dan sesuai dengan penilaian, maka apapun resikonya, masyarakat Pekon Bulurejo, Kecamatan Gadingrejo siap menjalankan amanah tersebut," ucap Suherman.


Tim penilai lomba Pekon/desa tingkat Kabupaten Pringsewu melakukan penilaian disejumlah pekon yang ditunjuk.

Hal yang sama diungkapkan Kepala Pekon Ambarawa Timur, Kecamatan Ambarawa Rokhmat. Pihaknya telah mempersiapkan jauh hari terkait lomba pekon. Baik administrasi pekon, sarana dan prasarana yang ada serta  pemantapan SDM nya melalui pelatihan-pelatihan.


"Kalau memang dimandatkan dan ditunjuk, Pekon Ambarawa Timur siap mengikuti lomba pekon/desa di tingkat Provinsi Lampung,"kata Rokhmat.


Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Kabupaten Pringsewu, Iskandar Muda mengatakan, pelaksanaan lomba tersebut diikuti sembilan pekon dari sembilan kecamatan.


Kunjungan klarifikasi lapangan penilaian lomba tersebut dimulai sejak Senin 22 April 2025 di Pekon Tunggul Pamenang, Kecamatan Adiluwih dan Pekon Sinarbaru, Kecamatan Sukoharjo.


Penjabat Ketua TP-PKK Kabupaten Pringsewu, Agnesia Marindo.

Pada Selasa (23/4/2024), Pekon Madaraya, Kecamatan Pagelaran Utara dan Banjarejo, Kecamatan Banyumas; Rabu (24/4/2024) Pekon Pagelaran, Kecamatan Pagelaran dan Pekon Podomoro, Kecamatan Pringsewu.


Lalu, Kamis (25/4/2024) di Pekon Bulurejo, Kecamatan Gadingrejo dan Pekon Ambarawa Timur, Kecamatan Ambarawa, Jumat (26/4/2024) Pekon Pujodadi Kecamatan Pardasuka, terang Iskandar Muda.


Pada penilaian itu nampak hadir Penjabat Ketua TP-PKK Kabupaten Pringsewu, Agnesia Marindo beserta jajarannya serta  sejumlah kepala organisasi perangkat daerah


Agnesia saat melakukan penilaian lomba pekon tersebut mengatakan, melalui lomba pekon tersebut dapat memberi edukasi dan menjadi motivasi semua elemen di pekon agar menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.


Misalnya, di bidang administrasi, pelayanan masyarakat, pemberdayaan kususnya ibu-ibu PKK serta terjalin kekompakan yang dapat meningkatkan pekon menuju sejahtera, maju dan mandiri.


"Harapannya, adanya lomba pekon/desa ini adalah untuk menyatukan seluruh pekon agar menjaga stabilitas kemajuan desa yang rapi, bersih, ramah,serta kegotongroyongan masyarakat dan aparatur pekon serta mengaktifkan peran ibu-ibu PKK-nya," harap Agnesia Marindo.


Menurut Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Politik Hipni, mewakili Pj. Bupati Pringsewu Marindo, mengharapkan, aparatur pekon/desa terus melakukan upaya meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan. Terutama yang terkait langsung dengan pelayanan masyarakat serta penggalian dan pengembangan potensi pembangunan di setiap pekon.  


"Aparat pekon harus bisa menggerakan masyarakat untuk bersama-sama menggali dan mengembangan potensi yang ada di pekon. Upaya tersebut nantinya akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Hipni.


Menurutnya, pelaksaan lomba pekon bukan sekedar seremoni. Namun, sebagai bentuk apresiasi sekaligus motivasi dari pemerintah daerah hingga pusat, terhadap pelaksaan program pembangunan di tingkat pekon.


"Tim penilai harus profesional dan obyektif melaksanakan tugasnya, karena lomba ini bukan seremoni yang semata mengejar gelar juara. Tapi bentuk apresiasi dan motivasi terhadap pelaksanaan pembangunan di tingkat pekon,"imbuh Hipni. (tyo)

LIPSUS