Cari Berita

Breaking News

Putri Maya Romantir, Aspri Hotman Paris Direkomendasi PAN Maju Pilkada Bandar Lampung

Dibaca : 0
 
INILAMPUNG
Minggu, 02 Juni 2024

 


INILAMPUNGCOM -- Pilkada Kotamadya Bandar Lampung semakin berwarna, dengan munculnya calon dikalangan wanita emas. 


Sebelumnya, Mantan Kadis Kesehatan Reihana, Walikota Eva Dwiana, kini muncul nama Putri Maya Romantir -- seorang advokat muda usia 36 tahun yang belakangan viral dalam kasus Vina Cirebon -- korban pembunuhan oleh sekelompok geng motor tahun 2016 silam. 


Putri Maya Romantir ternyata adalah Asisten Pribadi (Aspri) No 21 dari pengacara tajir melintir, Hotman Paris.


Wanita berkerudung itu asli kelahiran Lampung. Dia juga kader Partai Amanat Nasional.


"Saya adalah kader PAN," kata Putri Maya Romantir, usai menerima surat tugas (rekomendasi) dari DPP PAN, sebagai bakal Calon Walikota Bandar Lampung, tadi sore,  Minggu (2/6/2024).


Dia menjelaskan, berharap banyak kepada DPP dan DPW PAN, mendukung proses pencalonanya di Pilkada Bandar Lampung.


 Dia mengibaratkan posisinya dengan PAN, layaknya badan mereka sendiri, bukan orang lain. "Saya yakin 99 persen mendapatkan rekomandasi, 1 persennya milik Alloh,” kata Putri lagi.


Putri Maya Romantir saat menerima surat tugas dari PAN untuk maju di Pilkada Bandar Lampung (ist)


Putri Maya Rumanti telah mendapatkan surat tugas dari DPP Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai bakal calon Wali  Kota Bandar Lampung. Surat tugas tersebut diberikan langsung Ketua Tim Penjaringan Pilkada PAN Bandar Lampung, Hadi Tabrani di kantor DPD PAN, Minggu (2/6).


Putri, begitu panggilan akrabnya, memiliki kemauan kuat untuk memajukan daerahnya. "Saya merasa harus turut andil dan mangambil langkah kebijakan p3merintahan supaya lebih terarah."


Sementara itu, Ketua DPD PAN  Bandar Lampung, Edison Hadjar mengatakan semua bakal calon wali kota maupun wakil wali kota yang mendaftar ke PAN akan mendapatkan surat tugas. Sehingga tidak ada diskriminasi terhadap pendaftar.


Siapa Putri Maya Romantir

Banyak yang penasaran, siapa sebenarnya Putri. Namanya mulai membumi di Lampung, sejak beberapa bulan lalu, ketika membongkar kasus pembayaran gaji 1.166 guru honorer Bandar Lampung. 


Para guru Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja (PPPK) Bandar Lampung mengadu ke Hotman Paris Hutapea terkait gaji mereka yang belum dibayarkan. Para guru ini mengaku gaji mereka belum dibayar sejak November 2021. Video para guru ini kemudian viral di media sosial setelah diunggah akun instagram Hotman Paris.


Hotman Paris dan Putri Maya Romantir di Kopi Joni (ist/net)


Dia juga pernah mendamping kasus pemecatan sepihak anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di Bandar Lampung, bernama Devita Rianasari (36), yang sempat menjadi perharian publik tahun 2022 lalu. 


Putri Maya Rumanti menjadi sorotan karena dinilai tegas, cakap dan lugas dalam membongkar kejanggalan dibanyak kasus hukum di tanah air.


Namanya semakin dikenal luas beberapa pekan terakhir, karena menjadi pengacara keluarga Vina Cirebon. Kasus pembunuhan oleh sekelompok geng yang terjadi 27 Agustus 2016 silam itu menjadi perhatian publik.


Vina dan kekasihnya, Eki dibunuh oleh 11 pelaku dan delapan orang sudah diadili.

Tiga lainnya DPO selama delapan tahun, baru satu satu orang tertangkap, Selasa (21/5/2024) lalu.


 Membela Rakyat

Dalam sebuah wawancara, Putri pernah menyampaikan pandangannya soal Kota Bandar Lampung yang selama tidak berubah-ubah menjadi kota maju secara signifikan baik dari Infrastuktur hingga sumber daya manusianya.


"Saya melihat tidak adanya kemajuan dan perkembangan yang masif untuk Bandar Lampung dalam segala hal, baik secara infrastruktur, sumber daya manusia (SDM) dan lainnya. Hal itu melatarbelakangi saya untuk mengambil langkah maju sebagai Calon Wali kota Bandar Lampung," kata Putri, dalam sebuah wawarcara, bulan Mei lalu.


Profil Putri 

Keinginan untuk menjadi wanita mandiri yang bisa memiliki penghasilan sendiri, mendorong Putri Maya Rumanti yang semula sebagai pengusaha, kini terjun polik. Pernah membuka butik dengan merk dagang Gendis Butik di kawasan Kedaton, Bandar Lampung tahun 2012.


Putri memutuskan untuk menutup butiknya di tahun 2015.


Namun tahun 2017, ia menghentikan bisnis itu karena ingin mengambil sumpah advokat dan fokus menjadi pengacara.


Sejak disumpah jadi pengacara, Putri Maya Rumanti menerima konsultasi hukum gratis bagi warga kurang mampu di Kopi Johny milik Hotman Paris.


Awalnya, Putri diajak Hotman Paris untuk memberikan konsultasi hukum gratis untuk yang kurang mampu.


Lalu ia menyetujuinya, karena Putri ingin bisa membantu yang kurang mampu sekaligus mengasah kemampuannya sebagai seorang pengacara.


Selain itu, Putri juga membuka praktek Puri & Partners Law Firm di Jakarta, dan sering menjadi partner pengacara Hotman Paris untuk menyelesaikan berbagai kasus hukum. Sudah banyak kasus hukum yang diselesaikan oleh Putri. 


Saat bekerja, Putri sering bertemu dengan polisi, jaksa, hakim, dan pengacara yang kemudian membuat Putri berpikir ternyata berkarier didunia hukum menarik. Dan, kini eksodus dipanggung politik. (*dbs/baim).





LIPSUS