Cari Berita

Breaking News

Pemkab Pringsewu Gelar Tabur Bunga dan Upacara Hari Pahlawan

INILAMPUNG
Minggu, 10 November 2019

INILAMPUNG.COM - Pringsewu. Upacara peringatan Hari Pahlawan digelar di lapangan perkantoran Pusat Pemerintahan Kabupaten Pringsewu (10/11/19). 

Inspektur upacara Wakil Bupati Pringsewu Dr. Hi.Fauzi, dengan mengangkat  tema 'Aku Pahlawan Masa Kini', perwira upacara Kapten Arh. Maman, serta komandan upacara Kapten C.K.U. Umar Saleh, kesemuanya dari Kodim 0424.

Upacara  juga dihadiri Dandim 0424 Letkol Arh. Anang H.Utomo, Kapolres AKBP H.Hesmu Baroto, Kepala Kementerian Agama Pringsewu Drs.H.Marwansyah, Wakil Ketua Pengadilan Agama Pringsewu Elis Rahmawati, S.H.I., anggota DPRD, dan Legiun Veteran RI, serta diikuti Aparatur Sipil Negara, anggota kepolisian dan prajurit TNI, para pelajar dan mahasiswa, pramuka, serta ormas.

Selanjutnya pembaca UUD 1945 adalah Ketua DPRD Pringsewu Suherman, S.E., pembaca pesan-pesan pahlawan yakni Staf Ahli Bupati Pringsewu Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan Romzi, S.E., serta pembacaan do'a oleh Junaidi dari Kementerian Agama Pringsewu.

Wakil Bupati Pringsewu membacakan amanat tertulis Menteri Sosial RI Juliari P.Batubara mengharapkan melalui peringatan Hari Pahlawan, kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers, Bung Karno, yang menyatakan bahwa "hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar". 

Lebih lanjut dikatakan, jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa, sekarang, untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa, dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, serta membawa harum nama bangsa di mata Internasional.

"Peringatan Hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat. Oleh karena itu, mari kita maknai Hari Pahlawan ini dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia maju," ujarnya.

Seusai upacara, dilaksanakan ziarah dan tabur bunga di  Taman  Makam Pejuang Purna Yudha Bhakti, Kaligambang, Keputran, Kabupaten Pringsewu. Pun dengan inspektur upacara Wabup Pringsewu, serta ramah tamah jajaran pemerintah daerah, DPRD, muspida bersama Legiun Veteran RI. 

Pada kesempatan tersebut, juga diberikan santunan dan  tali asih dari Pemkab Pringsewu kepada sejumlah legiun veteran. (anto/ton/rls)

LIPSUS