Zaiful-Dibyo Masukan Gugatan. Dawam: Tenang, Ini Kemenangan Rakyat Lamtim -->
Cari Berita

adsense google

Breaking News

Zaiful-Dibyo Masukan Gugatan. Dawam: Tenang, Ini Kemenangan Rakyat Lamtim

INILAMPUNG
Rabu, 16 Desember 2020

 




INILAMPUNGCOM - Dawam Raharjo dan Azwar Hadi tampaknya belum bisa tenang meski KPUD sudah mengumumkan mereka pemenang dalam Pilkada kabupaten Lampung Timur.


Pasalnya, Zaiful Bokhari - Sudibyo, rival politiknya diajang Pilkada, 9 Desember 2020 lalu masih berkeras bahwa ada kecurangan dalam prosesnya. Pihak nomor urut dua itu menduga ada politik uang yang membuatnya dia kalah.



Sebagai bupati incumbent dia merasa dikadali, dan oleh karena itu pasangan yang diusung PDIP, PKS, dan Gerindira tersebut berencana menggugat. 


"Temuan dugaan praktik politik uang telah kami laporkan ke Panwascam. Selebihnya akan kami jadikan laporan susulan atau pendukung," kata Benny Purbaya, kuasa hukum Zaiful Bokhari dalam keterangan tertulis yang diterima terikini.id, Rabu, 16 Desember 2020.


Dari temuan tim Zaiful - Sudibdyo, praktik politik uang diduga terjadi di 17 dari 24 kecamatan di Lampung Timur. Bukti-bukti dugaan politik uang itu pun disebut telah dilaporkan kepada pengawas pemilu di tingkat kecamatan.


TERKAIT

ZAIFUL SIAPKAN GUGATAN  DADI BAKAL DIGUGAT 

Menurut Benny, kliennya juga sangat dirugikan karena banyak suara hilang. "Bila mereka dinyatakan terbukti menjalankan money politics maka mereka bisa didiskualifikasi dari kontestasi pemilihan kepala daerah," kata Benny.


Dawam- Azwar, sebagai pihak pemenang, menghadapinya dengan tenang.  Kemenangan yang diraih dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 9 Desember 2020, kata Dawam Raharjo, bukan karena kehebatan dirinya, tetapi karena kepercayaan masyarakat dan merupakan kehendak Allah SWT serta merupakan kemenangan masyarakat Lamtim. 


Dawam dalam sebuah kesempatan, berharap para pendukungnya untuk tidak merayakan kemenanganya secara efioria,  tetap tenang sederhana. Apalagi, acara kumpul dan merayakan secara berkerumun dalam jumlah besar dilarang dalam protokol kesehatan, terkait  Covid 19 belum usai.


Hasil KPUD Lamtim

Dalam rapat pleno rekapitulasi hasil Pilkada 2020 Lampung Timur yang digelar Ahad lalu, 13 Desember 2020, Dawam-Azwar unggul dengan 210.606 suara atau 39,65 persen. Sedangkan Zaiful-Sudibyo berada di urutan kedua dengan 202.519 suara atau 38,12 persen. Adapun pasangan calon nomor urut 1, Yusron Amirullah-Benny Kisworo meraih 118.103 suara atau 22,23 persen.


Keputusan hasil pleno ini tertuang dalam surat keputusan KPU Nomor 1084/PL.02.6-KTP/1807/KPU-Kab/XII/2020 tentang penetapan rekapitulasi hasil perhitungan suara Pilkada Lampung Timur 2020 yang dibacakan Ketua KPU Lampung Timur, Wasiat Jarwo Asmoro dalam rapat pleno terbuka.


Zaiful Bokhari merupakan Bupati Lampung Timur inkumben, sedangkan pasangannya, Sudibyo adalah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Lampung Timur. Keduanya diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Gerindra, dan Partai Keadilan Sejahtera.


Sedangkan paslon nomor 1 Yusran Amirullah-Benny Kisworo diusung Partai NasDem dan Partai Demokrat. Adapun Dawam Rahardjo-Azwar Hadi diusung Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Golkar, dan Partai Amanat Nasional. (*)

LIPSUS